Home > Sastra

Bukan Pakai Senjata, Khomeni Berjihad Lawan Inggris dengan Gelorakan Bahasa Esperanto

Cara Khomeini melawan kolinial Inggris bukan dengan senjata tapi bahasa

Ide Zamenhof kemudian mendapatkan dukungan oleh beberapa kalangan. Beberapa orang kemudian mempelajari bahasanya, hingga kemudian bahasa ini menyebar hinga ke luar dari Polandia, hingga muncul di beberapa negara Eropa. Akhirnya diadakan Kongres Bahasa Esperanto pertama di dunia di Boulogne-sur-Mer, Prancis pada tahun 1905.

Kongres ini dihadiri oleh Dr. Zamenhof yang di mana ia pun ikut serta berpartisipasi aktif dalam kongres ini. Setelah melihat bahasa Esperanto kemudian mulai berkembang, Dr. Zamenhof kemudian mundur perlahan dan menyerahkan kendali bahasa Esperanto kepada para penuturnya agar bahasa Esperanto kemudian bisa berkembang secara alami.

Dr. Zamenhof membuat bahasa Esperanto bukan untuk melenyapkan bahasa-bahasa yang telah ada di dunia, ia ingin bahasa Esperanto menjadi bahasa kedua bagi setiap orang di dunia. Status bahasa Esperanto yang merupakan bahasa buatan, bukan berasal dari etnis tertentu diharapkan Zamenhof dapat menghilangkan ego bagi siapapun yang ingin mempelajarinya.

× Image