Home > Politik

Mencari Tahu Penyebab Israel Frustasi Menghadapi Jaringan Terowongan Hamas Yang Canggih (Bag, 2).

Badan menginventasikan banyak dana dan waktu untuk membangun #039jariangan metro#039 bawah tanah Gaza.

Hizbullah belum mengkonfirmasi keberadaan jaringan terowongan tersebut tetapi, pada tahun 2019, militer Israel memamerkan satu terowongan yang, katanya, mencapai kedalaman 80 meter (265 kaki) yang membentang dari satu kilometer di dalam Lebanon hingga Israel di dekat Zar'. itu di Galilea Atas.

Tanah yang relatif lunak di Gaza juga merupakan kerugian bagi tim IDF yang berupaya membersihkan dan menghancurkan jaringan tersebut, kata Spencer.

“Tanah gembur sebenarnya mengurangi penggunaan bahan peledak IDF untuk menghancurkan terowongan karena tanah lunak menyerap kekuatan ledakan. Tambahkan pintu ledakan di terowongan yang telah kita lihat, dan hal itu akan semakin mengurangi efek kekuatan ledakan yang melewati terowongan.”

Pada tanggal 22 November, tentara Israel menunjukkan kepada beberapa organisasi berita sebuah terowongan berlapis beton di dekat Rumah Sakit Al Shifa di Kota Gaza yang, katanya, merupakan pos komando bagi pejuang Hamas. Kompleks terowongan, yang menurut IDF berada pada kedalaman sekitar 10 meter di bawah tanah, memiliki kamar tidur, kamar mandi keramik, dapur, dan ruang pertemuan.

Fotografer Reuters Ronen Zvulun masuk ke dalam terowongan. “Lantai terowongannya terbuat dari pasir tetapi dinding dan atapnya dilapisi beton, seperti terowongan jalan kecil atau kereta api. Dan cukup tinggi bagi seseorang untuk berdiri tegak.”

× Image