Home > Politik

Al Jazeera Menulis Berita di Sidang MK Anies Serukan Agar Pemilu Diulang

Anies di depan sidang Mahkamah Konstitusi Serukan pemilu ulang.
Anies Baswedan memberikan pernyaaan di depan sidang Mahkamah Konsituisi.
Anies Baswedan memberikan pernyaaan di depan sidang Mahkamah Konsituisi.

Anies Baswedan, yang kalah dalam pemilu presiden di Indonesia pada bulan Februari, mengatakan kepada pengadilan di Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa pemilu tersebut tidak adil dan penuh dengan campur tangan. Pernyataan ini diungkapkan Anies saat ia menyampaikan keberatannya terhadap hasil pemilu tersebut dan menyerukan pemilu ulang.

Seperti dilansir Al Jazeera (27/03/2024) media internasional membuat judul beritanya bertajuk Anies Baswedan challenges Indonesia presidential election, calls for rerun' (Anies Baswedan menantang pemilu presiden Indonesia, menyerukan pemilihan ulang).

Dalam berita itu, Al Jazeera menulis, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto muncul sebagai pemenang dalam pemilu 14 Februari dengan 60 persen suara. Perolehan suaraAnies berada di urutan kedua dengan 25 persen, sedangkan Ganjar Pranowo di urutan ketiga dengan 16 persen.

Pasangan Prabowo adalah Gibran Rakabuming Raka, 36 tahun, putra tertua Presiden Joko Widodo saat ini, yang umumnya dikenal sebagai Jokowi, yang masih sangat populer.

Anies, mantan gubernur Jakarta dan menteri pendidikan, dialam pidatonya di depan sidang MK menuduh bila ada tekanan besar dari pemerintah terhadap pemerintah daerah, dan melakukan mobilisasi bantuan sosial sebagai “alat transaksional” untuk memastikan satu hasil.

× Image