Home > Agama

Ada Apa dengan Oknum PBNU Melakukan Kunjungan Ke Israel

Cukup sulit bila berharap sumbangan material yang signifikan pada kelompok Yahudi kecuali sekejar pujian.
Warga Gaza bersama keluarganya pegi mengungsi dari tempat tinggalnya yang luluh lantak di bom oleh tentara pendudukan Israel.
Warga Gaza bersama keluarganya pegi mengungsi dari tempat tinggalnya yang luluh lantak di bom oleh tentara pendudukan Israel.

Oleh: Imam Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation (mantan anggota Muslim-Jewish Advisory Council).

Beberapa waktu lalu terjadi kehebohan di tanah air karena salah seorang petinggi NU, kini Ketua Umum PBNU KH Yahya Tsaqub melakukan pertemuan dengan PM Israel Benjamin Natanyahu. Menurut informasi yang kita terima pertemuan itu diatur oleh sebuah organisasi Yahudi internasional bernama AJC (American Jewish Committee).

AJC atau American Jewish Committee adalah satu dari sekian banyak organisasi Yahudi yang paling aktif mempromosikan kegiatan-kegiatan yang bertujuan mendekatkan umat Islam dengan Israel. Saya katakan dengan Israel, bukan dengan Yahudi, karena umumnya kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan selalu ada kaitannya dengan Israel.

Saya pernah sangat dekat dengan AJC. Bahkan ketika Muslim-Jewish Advisory Council didirikan sebagai bagian dari AJC saya termasuk diminta untuk menjadi anggotanya. MJA-AJC ini adalah kumpulan high profile Muslim dan Yahudi yang diharapkan duduk bersama membicarakan langkah-langkah untuk menghadapi musuh bersama; Islamophobia dan Anti Semitism. Mengingat tujuannya yang mulia itu saya kemudian dengan senang bergabung.

× Image