Home > Politik

Iran: Israel dan Amerika Berada di Balik Ledakan Bom di Dekat Makam Jendral Soleimani

Sebanyak 95 akibat dua ledakan bom ketika massa peringati wafatny Jendral Garda Revolusi Iran, Qassem Soleiimani!

Plot sebelumnya

Iran telah lama melancarkan perang bayangan berupa pembunuhan dan sabotase dengan musuh bebuyutannya, Israel. Iran juga memerangi berbagai kelompok jihad dan kelompok militan lainnya.

Pada bulan September, kantor berita Fars melaporkan bahwa seorang "operasi" penting yang berafiliasi dengan kelompok ISIS, yang bertugas melakukan "operasi teroris" di Iran, telah ditangkap di Kerman.

Pada bulan Juli, Kementerian Intelijen Iran mengatakan pihaknya telah membubarkan jaringan “yang terkait dengan organisasi mata-mata Israel” yang merencanakan “operasi teroris” di seluruh Iran. Sumber didapat beriya yang IRNA laporkan.

"Dugaan plot tersebut termasuk “merencanakan ledakan di makam” Soleimani,'' kata sumber tersebut.

Soleimani, yang beberapa tahun lalu dinyatakan Khamenei sebagai "martir hidup". Di Iran secara luas dia dianggap sebagai pahlawan di Iran karena perannya dalam mengalahkan ISIS di Irak dan Suriah.

Selain itu, Soleimani pun sudah lama dipandang sebagai musuh mematikan oleh Amerika Serikat dan sekutunya. Bahlkan bagi Merika dia adalah salah satu pialang kekuasaan paling penting di kawasan ini. Ini karena Soleimani adalah orang yang mengatur agenda politik dan militer Iran di Suriah, Irak, dan Yaman.

× Image