Home > Politik

Iran: Israel dan Amerika Berada di Balik Ledakan Bom di Dekat Makam Jendral Soleimani

Sebanyak 95 akibat dua ledakan bom ketika massa peringati wafatny Jendral Garda Revolusi Iran, Qassem Soleiimani!

Perempuan Iran membawa poster Qassem Soleiimani 
Perempuan Iran membawa poster Qassem Soleiimani

Serangan-serangan yang tidak diklaim tersebut, yang memicu kekhawatiran akan meluasnya konflik di kawasan ini. Efek kejaian buruk ini pun telah mengguncang pasar global, di mana harga minyak melonjak lebih dari tiga persen, dan memicu kecaman global.

"Washington mengatakan AS dan Israel tidak berperan dalam serangan teroris di Kerman, Iran. Benarkah? Seekor rubah akan mencium sarangnya sendiri terlebih dahulu," tulis wakil politik presiden Iran, Mohammad Jamshidi di X, yang sebelumnya bernama Twitter.

"Jangan salah. Tanggung jawab atas kejahatan ini terletak pada AS dan rezim Zionis (Israel) dan terorisme hanyalah sebuah alat," imbuhnya.

Amerika Serikat sebelumnya menolak tuduhan bahwa mereka atau sekutunya, Israel, terlibat, sementara Israel menolak berkomentar.

"Amerika Serikat tidak terlibat dalam hal apa pun... Kami tidak punya alasan untuk percaya bahwa Israel terlibat dalam ledakan ini," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller.

Ditanya tentang ledakan tersebut, juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan: "Kami fokus pada pertempuran dengan Hamas."

× Image