Home > Politik

Ke mana Bukti Klaim Israel bahwa Bisa Mengawasi Pembangunan Terowongan di Gaza?

Israel menemukan terowongan besar yang berdekatan dengan perbatasan Gaza, menimbulkan pertanyaan baru tentang intelijen sebelum perang

Serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini memicu perang dahsyat dan telah berkecamuk selama lebih dari 10 minggu dan merenggut lebih dari 18.000 nyawa di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas.

Menurut pejabat kesehatan Palestina. penghancuran jaringan terowongan Hamas adalah tujuan utama dari Israel. Uniknya sebagian besar jaringan bawah tanah berada di bawah sekolah, rumah sakit, dan kawasan pemukiman.

Adanya kenyataan ini, maka tentu saja pejabat militer, intelijen, dan politik Israel mendapat kecaman keras karena gagal mendeteksi serangan tersebut sebelumnya.

Mayor Nir Dinar, juru bicara militer, mengatakan bahwa dinas keamanan Israel tidak mengetahui tentang terowongan tersebut sebelum tanggal 7 Oktober karena pertahanan perbatasan Israel hanya mendeteksi terowongan yang dimaksudkan untuk memasuki Israel.

“Sejauh yang saya tahu, terowongan ini tidak melintasi Gaza ke Israel dan berhenti dalam jarak 400 meter dari perbatasan, yang berarti indikator tidak menunjukkan bahwa terowongan sedang dibangun,” kata Dinar.

Dia juga menambahkan bahwa pintu masuk, berupa lubang terbuka terbuat semen melingkar yang bentuknya mengarah ke lorong besar, Terowongan ini terletak di bawah garasi serta mampu menyembunyikannya dari drone Israel dan citra satelit.

× Image