Home > Politik

Al Jazeera Menulis Berita di Sidang MK Anies Serukan Agar Pemilu Diulang

Anies di depan sidang Mahkamah Konstitusi Serukan pemilu ulang.

Anies dalam berita jjuga disebut memperingatkan bahwa Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Maka bila ada perlilaku tekanan pemerintah terkait dengan pemilu imbasnya akan berisiko menjerumuskan kembali kehidupan bangsa ke masa lalu yang otoriter.

“Jika kita tidak melakukan koreksi sekarang, maka ke depan akan menjadi preseden dalam pemungutan suara di semua tingkatan,” ujarnya. “Praktik ini akan dianggap normal, sebuah kebiasaan.”

Al Jazeera kemudian menulis, bila tantangan terhadap hasil pemilu adalah hal biasa di Indonesia. Ini misalnya Prabowo pada pemilu mempertanyakan hasil pemilu ketika ia kalah dari Jokowi pada tahun 2019, dengan mengklaim bahwa terdapat kecurangan yang meluas dalam pemilu tersebut..

Pasangan Prabowo adalah Gibran Rakabuming Raka, 36 tahun, putra tertua Presiden Joko Widodo saat ini, yang umumnya dikenal sebagai Jokowi, yang masih sangat populer.

Menurut Al Jazeera tim Anies mendesak pengadilan MK untuk memerintahkan pemilihan ulang yang tidak menyertakan Gibran, dengan tuduhan bahwa pencantuman Gibran dalam posisi wakil presiden pada pasangan Prabowo mempengaruhi perolehan suara tersebut secara tidak adil.

Pada akhir beria itu, media internasional yang berpusat di Qatar itu menjelaskan bila Gibran, mantan Wali Kota Solo alias Surakarta, bisa mencalonkan diri setelah pengadilan menyatakan batasan usia calon tidak berlaku jika seseorang sudah menduduki jabatan publik.

× Image