Home > Budaya

Abdul Hadi: Dari Salman Rushdie, Sufi Guru Besar, dan Tuhan Begitu Dekat

In Mmemoriam Abdul Hadi WM

Abdul Hadi yang menjadi legenda pelopor sastra sufi di Indonesia yang muncul pada dekade 1970-an lebih lanjut menyatakan, dalam dunia sastra akibat perilaku Salman Rushdie maka dia kini berhasil membuat dinding pemisah antara sastrawan Muslim dan bukan Muslim. Padahal sebelum novel itu ada dinding pemisah itu tak ada.

‘Dalam soal ini, Salman Rushdie merasa bila dirinya bagian dari dunia barat yang tidak bisa disalahkan dan selalu apa yang dikatakannya bena sehingga apa saja diperbolehkan. Sebaliknya, dunia barat merasa bila ada suara dari dunia lain, yakni dunia Islam, mereka boleh dinjak-injak. Nah, sekarang dia menerima imbalannya,’’ ujarnya lagi.

Menurut Abdul Hadi, dalam tradisi khazanah sastra di dunia Islam, tidak ada pengarang yang bersikap seperti Salman. ‘’Bila mereka menghina dunia barat itu karena sikap kolonialnya. Tapi coba cari dan tanyakan apakah ada pengarang Muslim yang menghina Yesus Kristus, Budha dan lainnya? Apakah ada pengarang Muslim yang mengatakan kitab suci agama lainnya itu kitabnya setan. Sama sekali taka ada.”

× Image