Home > Politik

Apakah Tentara Israel Sukses Secara Militer Seperti yang Diklaimnya?

Saat memasuki tahun 2024, tentara Israel dapat mengklaim beberapa keberhasilan dalam perang di Gaza dan juga terdapat kegagalan yang harus diperhitungkan.

Namun, kegagalan terbesar kampanye militer Israel adalah reaksi berlebihan yang disengaja, tidak proporsional, dan brutal – yang telah menewaskan puluhan ribu warga sipil.

Jumlah pastinya akan bergantung pada berapa banyak pejuang Hamas di antara 21.800 orang yang tewas sejauh ini. Jika klaim Israel atas 8.500 pejuang Hamas benar, maka itu berarti 13.300 warga sipil, termasuk 8.600 anak-anak, telah terbunuh. Jika Hamas telah kehilangan 4.000 orang – angka yang menurut saya jauh lebih dapat dipercaya – maka jumlah warga sipil yang dibunuh secara sengaja atau karena kelalaian militer Israel jauh di atas 17.000 orang.

Jumlah tersebut dianggap tidak dapat diterima, dalam kondisi apa pun, oleh banyak orang di seluruh dunia yang percaya bahwa kapanpun dan bagaimana pun perang berakhir, warga sipil yang tewas akan kembali menghantui seluruh Israel.

× Image