Home > Budaya

Mitos Warna, Belajar dari Sukses Pita Limjaroenrat Memenangkaan Pemilu Thailand

Benarkah mitos warna mempengaruhi politik?
Pita Limjaroenrat.
Pita Limjaroenrat.

Gelombang oranye menyapu jalan-jalan Bangkok, ketika Move Forward dinyatakan sebagai pemenang pemilu Thailand.

Kalimat di atas adalah judul berita Channel News Asia edisi 15 Mei 2023. Bagi kebanyakan orang, judul panjang berita itu mungkin tidak aneh. Namun sebagian orang, terutama yang mengamati perkembangan politik Thailand, mungkin mengatakan; "Oh....! Ada warna baru dalam politik Thailand.

Mitos Warna di Masyarakat Thailand

Selama bertahun-tahun orang Thailand percaya akan mitos warna dan keberuntungan. Seiring waktu, mitos warna bercampur dengan mitos lain, yaitu hari keberuntungan.

Hari Senin, misalnya, diasosiasikan dengan warna kuning. Selasa warna pink, Rabu hijau, Kamis oranye, Jumat dengan biru, Sabtu warna ungu, dan Minggu adalah merah.

Sebelum tahun 2010, jangan heran jika orang-orang Thailand akan mengenakan baju warna kuning setiap Senin, pink saat Selasa, dan seterusnya.

Namun mitos itu perlahan menghilang, meski masih banyak generasi tua Thailand yang masih percaya. Di kalangan generasi muda, yang masih bertahan adalah keberuntungan ditentukan hari lahir dan warna pakaian yang digunakan.

Jika Anda lahir hari Jumat, usahakan selalu mengenakan baju warna biru, atau baju ada warna biru jika tidak ingin bosan mengenakan pakaian warna dominan biru setiap hari.

× Image