Home > Agama

Tim Pengawas dan Kualitas Pelayanan Jamaah Haji Akan Terus Bermasah?

Mungkinkah masalah haji bisa teratasi?

Jadi kesimpulannya masalah-masalah yang ditemukan oleh tim pengawas di mina tersebut tetap akan sulit di atasi. Apalagi kemungkinan di tahun-tahun mendatang jumlah kuota jemaah haji kita terus meningkat. Sementar, luas lahan yang tersedia untuk dijadikan dapur, kamar mandi, tempat wudhu, toilet dan tempat penginapan jamaah tidak bertambah sehingga masalah yang sama jelas akan masih terulang.

Oleh karena itu agar para jamaah dapat melaksanakan ibadah hajinya dengan baik dan tenang maka sarana prasarana tersebut di atas harus diperluas dengan cara mendirikan bangunan bertingkat di Mina. Tanpa itu maka masalah-masalah tersebut tidak akan pernah bisa teratasi dan terselesaikan. Dan untuk melakukan hal demikian jelas bukan tugas Kemenag tapi menjadi tugas dari pemerintah setempat.

Maka, kini mungkin sudah waktunya bagi pemerintah indonesia untuk meminta pemerintah Saudi agar membuat bangunan/tempat penginapan bertingkat yang lebih baik dan memadai di mina. Ini penting dilakukan karena yang mengalami masalah dalam hal ini tidak hanya jamaah haji indonesia saja tapi juga jamaah dari negara-negara lain.

Dan yang juga sangat penting diperhatikan dalam masalah haji ini yaitu kehadiran jamaah yang tidak mempergunakan visa haji, tapi visa turis, visa ziarah, calling visa dan lain-lain yang jumlahnya cukup banyak.

Jadi pihak DPR mungkin perlu menghitung berapa jumlah jamaah kita yang mengerjakan ibadah haji tidak mempergunakan visa haji tersebut agar perencanaan yang sudah dibuat tidak rusak. Ini karena banyak dari mereka di Mina juga menempati dan menikmati fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak Kemenag.

× Image