Home > Politik

Inilah Qassem Soleimani: Pedang Iran yang Harus Dibunuh Demi Eksisnya Kepentingan Amerika dan Israel

Meski dari keluarga sederhana, Solemeini mampu menjadi sosok paling berpengaruh di Iran.

Patung Qassem Soleimani di Tehran Iran.
Patung Qassem Soleimani di Tehran Iran.

Pasukan Quds

Pasukan Quds yang dipimpin Soleimani adalah ujung tombak upaya Iran untuk menumbangkan pengaruh Amerika, Israel, dan Barat di Timur Tengah dan untuk mendukung ambisi hegemonik Iran.

Pasukan Quds menawarkan dukungan ideologis, finansial, dan material, serta pelatihan, untuk proksi Iran, yang memungkinkan Iran membangun wilayah pengaruh di seluruh kawasan, termasuk di Irak, Afghanistan, Suriah, Lebanon, Yaman, Arab Saudi, Bahrain , dan wilayah Palestina.

Melalui Pasukan Quds, Iran secara efektif mengendalikan legiun kekuatan proksi asing transnasional yang tunduk pada tujuan kebijakan luar negerinya dan bersedia beroperasi di wilayah mana pun yang diperintahkan Teheran.

Sebagai pemimpin Pasukan Quds, Soleimani adalah salah satu tokoh rezim. Amerika menyebutnya bila Solemaini di Iran merupakan sosok paling kuat dan bisa dibilang orang yang paling bertanggung jawab atas kehancuran, destabilisasi, dan peradangan ketegangan sektarian yang disebarkan Iran di seluruh Timur Tengah demi mengejar dominasi regional.

Di bawah Soleimani, Iran mengumpulkan pengaruh di wilayah yang membentang dari Afghanistan hingga Lebanon dan Suriah, menciptakan “bulan sabit Syiah” yang berfungsi sebagai jembatan darat yang menghubungkan Teheran ke Mediterania.

Hal ini, menurut Amerika Serikat memungkinkan Iran mempersenjatai proksinya dengan lebih efisien dan mematikan.

Dikatakan Amerika Serikat, sejak membalikkan gelombang perang saudara di Suriah demi kepentingan kliennya, rezim Assad, Iran semakin berusaha untuk memperkuat kekuatan militernya di Suriah. Dia menciptakan basis untuk memproyeksikan kekuatan ke Levant dan mengepung serta mengancam Israel. Solemini berperang stratefis di situ.

× Image