Home > Politik

Mencari Tahu Penyebab Israel Frustasi Menghadapi Jaringan Terowongan Hamas Yang Canggih (Bag, 1)

Terowongan bawah tanah Gaza layaknya jaringan sebuah Metro yang rumit

Diperkuat dengan beton dan besi, terowongan itu berdiameter 3 meter (10 kaki), dan panjang 4 km (2,5 mil) – cukup untuk mencapai bagian utara Kota Gaza. Dengan kabel dan pipa untuk menyediakan listrik dan ventilasi, terowongan itu menurun hingga kedalaman 50 meter di bawah tanah, kata militer Israel.

Erez adalah salah satu tempat yang diserang oleh kelompok bersenjata Hamas pada 7 Oktober. Militer Israel mengatakan terowongan tersebut dirancang untuk mengangkut pejuang Hamas ke daerah perbatasan, namun tidak mengonfirmasi bahwa terowongan tersebut digunakan dalam serangan tersebut.

Tentara Israel berusaha memasuki salah satu pintu masuk terowongan pejuang Hamas di Gaza.
Tentara Israel berusaha memasuki salah satu pintu masuk terowongan pejuang Hamas di Gaza.

Hamas menanggapi penemuan Israel dengan merilis video yang tampaknya merupakan rekaman bodycam pada 7 Oktober, yang menunjukkan para pejuang muncul dari sebuah terowongan di bukit pasir dan menyerang posisi militer Israel.

Reuters pun dapat memastikan lokasi tersebut sebagai penyeberangan Erez, dengan menggunakan landmark yang terlihat. “Anda datang terlambat Misi telah selesai,” baca pesan di layar di akhir video.

Hamas tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters mengenai kegiatan pembangunan terowongannya.

IDF mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka memiliki beragam metode dan pengalaman sukses dalam menangani semua jenis terowongan. Namun pihaknya tidak memberikan rincian lebih.

× Image