Home > Politik

Mencari Tahu Penyebab Israel Frustasi Menghadapi Jaringan Terowongan Hamas Yang Canggih (Bag, 1)

Terowongan bawah tanah Gaza layaknya jaringan sebuah Metro yang rumit

Menyadari hal itu tentu banyak orang bertanya serumit apa sih jaringan bawah tanah dari para pejuang Hamas di Gaza? Apalagi Israel sendiri sudah menyebut jaringan bawah tanah di Gaza layaknua sebuah Metro (jaringan kereta api bawah tanah) yang melinkar-lingkar, rumit, dan penuh jebakan.

Nah, untuk membahasanya mari dibahas melalui tulisan di Reuter yang bertajuk 'Inside the tunnels of Gaza: The scale, and the sophistication, of Hamas’ tunnel network" (Di dalam terowongan Gaza: Skala dan kecanggihan jaringan terowongan Hamas). Berikut tulisannya yang terbagi dalam dua serial:

Berbagai macam denah dan skema terowongan Gaza.
Berbagai macam denah dan skema terowongan Gaza.

Di bawah pemandangan perang Kota Gaza terdapat jaringan terowongan luas yang dibangun oleh kelompok militan Palestina Hamas. Beberapa lubang masuk tersembunyi di antara sisa-sisa gedung bertingkat di kota itu, yang dirusak oleh serangan udara Israel. Lainnya tersembunyi di bukit pasir di luar kota. Atau tersimpan di rumah pribadi.

Hal ini menyebabkan kekacauan jalur-jalur yang saling berhubungan yang membentang di bawah jalan-jalan Gaza, membentang hingga ratusan mil ke hampir setiap wilayah kantong tersebut.

Reuters berbicara dengan tujuh pakar dan pejabat militer, dan mengambil laporannya sendiri di lapangan di Gaza, serta deskripsi dan gambar dari Hamas dan militer Israel, untuk mengumpulkan gambaran tentang skala dan kecanggihan jaringan terowongan.

× Image