Home > Politik

Keseruan Debat Capres di Panggung Tanpa Podium

Siapa yang menjadi pemenang debat?

Lalu siapakah dari ketiga calon dengan kelemahan dan keunggulan masing-masing yang dapat menyelesaikan banyak persoalan kita hari-hari kini?

Satu hal yang pasti, tak ada pemimpin yang tepat untuk segala zaman. Karena seperti dikatakan banyak para avantgarde, kepemimpinan adalah peran yang sangat dinamis yang sangat tergantung pada keadaan zaman. Karenanya pemimpin yang ‘benar’ belum tentu cucok jika datang pada waktu yang salah.

Di atas segalanya, krisis multidimensional seperti saat ini, tidak membutuhkan kepemimpinan peragu, apalagi yang normatif. Krisis hari-hari kini hanya dapat terselesaikan dengan kepemimpinan yang mengusung misi pembebasan dan penyembuhan penyakit bawaan permanen kekuasaan.

Dalam krisis kebangsaan dan kenegaraan yang sedalam ini, kepemimpinan yang dibutuhkan adalah mereka yang mampu memadukan kecakapan persuasi dan kecapan tata kelola dengan berpijak secara teguh antara janji politik dan kinerja politik.

Siapa yang akan terpilih untuk mengisi kepemimpinan yang demikian? Kitalah penentunya pada 14 Februari nanti! Wallahu a’lam bisshawab.

× Image