Home > Politik

Inilah Isi Pidato Pembuka Mahfud MD di Sidang Pertama MK yang Memukau dan Mengetuk Nurani

Pidato pembuka Mahfud MD di sidang pertama MK
Mahfud MD berpidato di sidang pertama Mahkamah Konsitutusi mengenai sengketa Pilpres 2024. 
Mahfud MD berpidato di sidang pertama Mahkamah Konsitutusi mengenai sengketa Pilpres 2024.

Majelis Hakim yang mulia,

Mahkamah Konstitusi lahir sebagai anak kandung Reformasi 1998, antara lain, untuk menutup pintu bagi pelanggaran HAM baik di bidang sipil dan politik maupun di bidang Ekosob yang banyak terjadi di masa lalu. Menyelesaikan sengketa hasil pemilu (tentu termasuk proses yang mengantar hasil Pemilu) adalah salah satu dari empat wewenang dan satu kewajiban MK.

Dalam perjalanannya MK Indonesia pernah memberi warna progresif bagi perkembangan hukum konstitusi di Indonesia dan dinilai sebagai lembaga penegak hukum yang kredibel. Harvard Handbook tahun 2012 seperti dikemukakan oleh Tomsay menilai MK Indonesia sebagai salah satu dari 10 MK paling efektif di dunia. Studi tentang perjalanan masa lalu MK yang bagus juga pernah ditulis dalam beberapa penelitian ilmiah.

Dari Amerika Serikat ada disertasi yang ditulis oleh Pastor Stefanus Hendrianto yang kemudian diterbitkan dalam bentuk buku, “Law and Politics of Constitutional Courts: Indonesia and the Search for Judicial Heroes”, diterbitkan oleh penerbit ternama di Amerika. Dari IIU-M lahir disertasi karya Iwan Satriawan, “Role of the Constitutional Court in Consolidating Democracy in Indonesia”. Ada juga disertasi Refly Harun tentang “Hukum Sengketa Pemilu”.

× Image