Home > Olahraga

Surat Atlet Jerman Kepada Jesse Owen Usai Olimpiade 1936: Manusia Harus Lampui Perang!

Kisah Luz atlet Jerman usai Olimpiade 1936 kepada Jesse Owen.
Jesse Owen (tengah) dan Luz di belakangnya yang memberi hormat ala Nazi dengan mengangkat sebelah tangannya.
Jesse Owen (tengah) dan Luz di belakangnya yang memberi hormat ala Nazi dengan mengangkat sebelah tangannya.

Inilah kisah haru mengenai apa artinya persahabatan tulus. Hubungan itu ternyata bisa menembus batas apa saja. Bahkan bisa mengikis rasa persaingan atau juga malah menjebol dinding ego pribadi karena kebencian politik.

Kisah ini ada pada hungungan legenda atlet duna Josse Owean dqri Amerika Serikat dan Long dari Jerman. Kedua negara kala keduanya bertanding di niomor lompat jauh olimpiade sudah terlibat dalam perang yang berdarah.

Jesse Owens dari AS memenangkan medali emas lompat jauh pada Olimpiade musim panas di Jerman, 1936. Orang yang memberi hormat di belakang Owens adalah Long.

Dia adalajh seorang Jerman yang berbagi tips latihan dengan Owens.Long juga merupakan orang pertama yang mengucapkan selamat secara terbuka setelahnya lompatan terakhir di hadapan Hitler.

Setelah Olimpiade, keduanya tetap berhubungan melalui surat. Di bawah ini adalah surat terakhir Long kepada Owens ketika dia bertugas di Angkatan Darat Jerman di Afrika Utara selama Perang Dunia 2. Long kemudian terbunuh dalam aksi selama invasi sekutu ke Sisilia pada tahun 1943.

× Image